Cara mengakses website tanpa nama domain

0

Ketika kamu mentransfer website yang aktif dari satu server ke yang lain, itu adalah wajib untuk menguji apakah situs tersebut bekerja sempurna pada server baru sebelum memperbarui DNS record. Jika tidak, website kamu mungkin tidak berfungsi dalam waktu lama yang akan berdampak kinerja situs dan SEO. Dalam tutorial ini, saya akan memandu kamu untuk mentransfer situs dari satu server ke server lain tanpa gangguan.

Pada dasarnya, website dapat diperiksa menggunakan URL sementara (temporary URL) (http://ip_server/~usernamecpanel/) pada cPanel sebelum berpindah DNS. Tapi untuk alasan keamanan, banyak penyedia hosting yang tidak memungkinkan untuk mengakses Website melalui alamat IP server atau URL sementara. Dikarenakan hal ini, mod_userdir dinonaktifkan dan kamu tidak memiliki izin untuk mengaktifkannya pada shared-hosting kamu. Namun, ada pilihan lain untuk menguji Website kamu sebelum mengarahkan nama domain atau memperbarui DNS record dengan server baru.

Dengan menggunakan file hosts, kamu dapat memetakan nama host ke alamat IP pada komputer kamu. Ini akan membantu kamu untuk bekerja pada server baru dengan nama domain kamu, dan sisanya pengguna akan mengarahkan ke server lama.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengakses website tanpa nama domain menggunakan alamat IP server.

  1. Buka file “hosts” dalam text editor seperti Notepad atau Sublime, Dll. Lokasi file “hosts” akan berbeda untuk sistem operasi yang berbeda.
    • Windows: C:\Windows\System32\drivers\etc
    • Linux: /etc/hosts
    • Mac OS X: /private/etc/hosts
  2. Tambahkan baris berikut pada akhir dari file “hosts”. Ganti “Alamat_IP” dengan alamat IP server baru dan “nama_domain.com” dengan nama domain kamu yang sebenarnya.
    • Alamat_IP nama_domain.com
      Alamat_IP www.nama_domain.com
Contoh file hosts di Windows
Contoh file hosts di Windows
Contoh file hosts di Linux
Contoh file hosts di Linux
Perhatikan bahwa: Alamat IP server dapat ditemukan di email yang diterima dari penyedia hosting kamu saat pembelian. Kamu juga bisa menemukan IP server dalam cPanel kamu.

Sekarang IP yang telah ditentukan akan menimpa nama domain DNS yang sebenarnya dan kamu akan dapat mengakses website kamu di server hosting baru dari komputer lokal kamu. Setelah website kamu bekerja dengan baik pada server baru, kamu dapat memperbarui DNS record untuk mengarahkan domain kamu ke server baru.

Pecandu Aceh Gayo dan 182. Follow Instagram ↓↓↓

BAGIKAN

Leave a Reply

Jadilah yang pertama untuk berkomentar!

Beritahu
avatar
400
wpDiscuz